Tips Cara Menjaga Mata Yang Baik. membaca-menambah-ilmu.blogspot.com

Mata adalah anugerah yang di berikan oleh tuhan, dengan mata yang sehat kita dapat melihat indah nya dunia ini, maka dari itu kita harus menjaga dan merawat mata kita agar mata kita selalu sehat dan terjaga penglihatanya, agar kita bias selalu melihat dunia yang indah ini.
Kali ini saya http://membaca-menambah-ilmu.blogspot.co.id/ akan bebagi tips bagai mana cara menjaga kesehatan mata, silahkan baca-baca artikel nya berikut ini.
kesehatan mata
ilmumum.blogspot.com

Cara Menjaga Kesehatan Mata. 

Penyakit mata yang sudah tak asing lagi kita dengar seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Berikut adalah tips cara menjaga kesehatan mata.

1.Riwayat kesehatan mata keluarga
Bicaralah pada anggota keluarga terutama orang tua Anda. Apakah orang tua Anda di diagnosis mengalami penyakit mata keturunan. Hal ini karena dapat menentukan Anda, apakah Anda beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.

2.Jaga jarak pandang
Jaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.

3.Hindari kebiasaan mengucek mata
Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.

4.Istirahatkan mata
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika Anda terlalu lama, mata akan sakit. Isitirahatkan mata selama beberapa menit.

5.Makan makanan yang mengandung vitamin A
Makan makanan seperti wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6.Pakai pelindung mata
Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.

7.Periksa mata
Periksakan mata Anda secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.

8.Berhenti merokok
Bagi orang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Ini dikarenakan, dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata Anda

1.Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata karena wortel mengandung beta-karoten, yang mana beta-karoten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

2.Biji bunga matahari (kuaci)

Siapa sangka camilan yang biasa kita gunakan sebagai pengganti pocorn ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Kuaci mengandung selenium, zinc dan vitamin E yang bisa mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan gangguan pada mata yang disebabkan oleh faktor penuaan. Selain itu biji bunga mata hari juga mengandung vitamin B2 yang berfungsi untuk mengatasi penyakit  sensitivitas mata terhadap cahaya atau sering dikenal dengan istilah "photophobia"

3.Ikan Salmon
Nah kalo makanan yang satu ini kita pasti sudah tahu hehe. Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ikan / makanan laut yang lainnya.Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga mata akan tetap sehat.

4.Telur
Makanan yang satu ini mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata diantaranya seperti  lutein, B12, vitamin D, zinc, vitamin A,  dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam putih telur adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah proses degenerasi makular dan  penyakit katarak.

5.Bayam
Selain dapat menambah energi, makanan kesukaan Popeye ini ternyata hampir sama seperti telur, ternyata bayam juga mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu bayam juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakitglaukoma.

6.Alpukat
Buah alpukat merupkan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi Lutein sendiri yaitu mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten  yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.
Makn sayur bukan hanya menyehatkan tubuh kita tetapi juga bias menyehatkan mata kita.

Cara Menyembuhkan Mata Minus



Setelah kita mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata, sekarang kita akan membahas apa saja sih yang dapat kita lakukan agar mata minus/rabun kita berkurang, bahkan sembuh? Ok tanpa panjang lebar, yuk kita simak beberapa tips mengobati mata minus dibawah ini :

1.Tips pertama yaitu, cobalah lepaskan kacamata yang anda pakai jika dirasa kurang diperlukan,

seperti saat anda berada di ruangan yang sempit dan tidak sedang bekerja tentunya. Anda dapat melakukan hal ini jika masih bisa melihat dengan jelas walau pun tanpa memakai kacamata.

2.Kemudian, anda dapat melatih mata untuk melihat suatu benda atau objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata. Misalnya anda dapat pergi ke tempat seperti sawah, bukit dsb, karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh.

3.Selanjutnya anda juga dapat melatih mata untuk melihat benda-benda yang bergerak. Misalnya, ketika anda berada di jalan raya, anda bisa mengamati orang-orang, motor ataupun mobil yang berlalu lalang di sekitar anda. Lihat dan perhatikan setiap gerakannya, usahakan bayangan yang anda lihat adalah utuh tidak rabun

4.Mata minus juga dapat disembuhkan dengan daun sirih, caranya sangat mudah. Kita hanya perlu 2 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih daun sirih tersebut dan tempel dimata anda setap kali anda tidur. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal

5.Jika anda terbiasa bekerja di depan komputer, usahakan setiap 25 menit, luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk anda mungkin untuk sekedar mengambil air minum dan cobalah untuk melihat keluar jendela / luar rumah, lihat lingkungan sekitar anda.

6.Satu lagi tips unik yaitu dengan melakukan terapi lilin, caranya cukup mudah. Anda hanya pelu menyalakan lilih dan tataplah lilin tersebut tanpa banyak berkedip dan tunggulah hingga keluar banyak air mata anda. Walaupun terbilang sederhana, tapi katanya trapi ini cukup manjur. Tapi entahlah saya juga belum pernah membuktikan cara yang ini. Tapi tidak ada salahnya juga untuk dicoba jika anda tertarik untuk mencobanya.

7.Jangan lupa untuk membersihkannya mata anda, jika perlu, anda bisa menggunakan tetes mata agar mata terhindar dari kotoran dan bakteri.

8.Pakailah helm /kaca mata ketika anda berkendara, tujuannya yaitu untuk mencegah debu masuk ke mata.

9.Bila perlu anda juga bisa mengkonsumsi wortel ataupun makanan yang berbahan wortel misalnya, sayur sop, jus wortel dsb.

Apa bila kita mau menjaga mata kita itu berarti kita tidak mensia-siakan pemberihan tuhan yang indah ini, jika kita mau merawat dan menjaga nya maka kita akan tetap selalu sehat penglihatan nya dan akan selalu bias melihat betapa indah nya dunia ini untuk bias kita lihat.



0 Response to "Tips Cara Menjaga Mata Yang Baik. membaca-menambah-ilmu.blogspot.com"

Post a Comment