Cara Menigkatkan Daya Ingat Anda, membaca-menambah-ilmu.blogspot.com


Cara Meningkatkan Daya Ingat


Meningkatkan daya ingat otak kita merupakan langkah yang harus kita lakukan untuk membantu semua aktivitas kita sehari-hari. Oleh karena itulah, tips kesehatan kali ini akan menyajikan sebuah artikel yang mungkin sangat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Tips kesehatan, berikut ini tips mudah meningkatkan daya ingat otakanda semoga bermanfaat :
1. Mengingat Kembali. Dengan melatih otak anda dengan cara yang sederhana. Cobalah menulis 10 daftar kata yang bervariasi. Kemudian tutup kata yang anda tulis. Setelah 2 menit, tulislah kembali daftar kata yang anda tulis secara urut. Ini dapat mengukur kekuatan daya ingat otak anda.

2. Dengarkan Musik Klasik. Metode yang kedua dapat anda lakukan dengan mendengarkan musik klasik seperti musik instrumental atau orkestra klasik. Menurut beberapa penelitan, sering mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan daya ingat otak anda.


3. Mengisi Teka-Teki Silang. Tips berikutnya yaitu dengan sering mengisi teka-teki silang. Dengan sering mengisi teka-teki silang, otak anda akan selalu berusaha mengingat sesuatu yang berhubungan dengan pertanyaan dan jawaban yang tepat untuk pertannyaan teka-teki silang tersebut. Sehingga tips ini juga mampu meningkatkan daya ingat otak anda.
4. Terapkan Pola Hidup Sehat. Tips keempat yaitu dengan  melakukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan otak anda. Ini dapat anda lakukan dengan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan otak anda. Makanan seperti Gandum, minyak ikan, tomat, labu, brokoli dan kacang-kacangan merupakan beberapa makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak anda. Sehingga tips menjaga pola hidup sehat akan mampu meningkatkan daya ingat otak anda.

Cara Meningkatkan Daya ingat Pada Anak

Otak yg berkembang maksimal memiliki daya ingat yang baik dan kuat. Tetapi hal tersebut hanya dapat dicapai dengan latihan rutin di bawah pengawasan orang tuanya.
Dalam belajar biarkan anak mencari dan menemukan apa yang di inginkan anak. Dengan begitu kita hanya mengarahkan dan membimbingnya saja. Anak akan selalu ingat apa yang pernah dia ingat dan temukan
Ada beberapa cara dalam melatih daya ingat anak, di antaranya adalah :
1. Memberikan rutinitas
Salah satu contoh : ucapkan “selamat pagi” di saat anak baru bangun. Karena kebiasaan sederhana tersebut akan dapat menggerakkan neuron-neuron yang menghubungkan kembali sinaps-sinaps dalam otak anak. Aktivitas berulang - ulang akan membantu otak memperkuat hubungan sel-sel otak yang ada, dan membuat hubungan yang baru lagi.
2. Menyanyikan lagu.
Mendendangkan sebuah lagu gembira dapat membantu meningkatkan daya ingat anak, karena otak akan menanggapi dengan mengirimkan zat kimia dan getaran listrik ke sinaps-sinaps. Lagu yang anda nyanyikan akan diingat oleh anak.
3. Bercerita
Menuturkan kisah atau membacakan sebuah buku cerita yang mendidik, akan membawa si anak ke dalam proses informasi dan imajinasi. Dengan teknik bercerita yang menarik dan di dasari oleh teknik suara dan intonasi serta gerakan, akan membuat proses informasi dan daya ingat menjadi lebih mudah.
4. Bebas Bermain
Melalui bermain bebas, anak - anak akan berinteraksi dengan temannya. Saat berkomunikasi, mendengar dan menggunakan kata2, neuron2 dalam otak akan membuat banyak hubungan sel otak yang sangat penting dalam proses pembelajaran dan daya ingat anak.Tetapi tetap harus dalam pengawasan kita sebagai orang tua.
Kreatif Melatih Daya Ingat Anak
Dalam kompas.com dituliskan bahwa kemampuan untuk mengingat sangat penting dilatih sejak balita guna mempersiapkan  dirinya untuk memasuki jenjang pendidikan dasar yang lebih tinggi. Dengan kemampuan mengingat yang baik, anak akan lebih mudah menangkap, memahami, dan menerima pelajaran di sekolah nanti. Daya ingat juga berguna untuk membangun kemandirian dan rasa percaya diri anak.
Untuk melatih daya ingat anak yang baik, Anda bisa menggunakan berbagai cara dan stimulasi. Mulailah dari stimulasi yang sederhana, kemudian Anda bisa mengembangkannya menjadi sulit seiring dengan perkembangan anak.
Berikut beberapa permainan dan stimulasi yang bisa Anda terapkan di rumah untuk melatih daya ingat anak.
1.  Tebak gambar : merupakan bentuk stimulasi yang paling efektif untuk melatih daya ingat. Melalui permainan ini, anak terpacu untuk mengingat gambar berpasangan yang disodorkan. Pertama, Anda siapkan gambar berpasangan sesuai dengan tema yang Anda pilih (misalnya piring-gelas, buku-pensil). Gunakan warna-warna cerah untuk menarik perhatiannya. Sodorkan gambar tersebut pada anak dan beri dia waktu untuk mengingatnya, kemudian acak kartu-kartu tersebut dan biarkan anak menyusun ulang.
2.  Permainan mencari perbedaan. Permainan ini bertujuan untuk merangsang anak membedakan gambar yang satu dengan yang lainnya. Persiapkan buku khusus yang banyak memberikan materi mencari perbedaan ini. Mulailah dari gambar yang sangat sederhana dan biarkan si kecil melihat dan mencari sendiri perbedaan di tiap gambar dengan memberikan tanda di masing-masing tempat.
3.   Mendongeng pun bisa menjadi sarana melatih daya ingat anak. Pilihlah dongeng yang pendek namun memiliki alur cerita yang menarik. Mulailah mendongeng pada saat menjelang anak tidur dan bacakan dengan intonasi yang bervariasi mengikuti karakter dalam dongeng tersebut agar anak tertarik. Di tengah-tengah cerita, Anda bisa berhenti dan menanyakan kembali nama tokoh-tokoh yang telah Anda sebutkan, atau sepenggal cerita dari dongeng yang telah Anda bacakan. Bila anak tidak mampu, Anda bisa membantunya dengan memberikan petunjuk-petunjuk yang mengarah.
Jangan lupa untuk memberikan pujian pada anak apabila mereka berhasil menyelesaikan permainan atau stimulasi dengan baik. Begitu pula sebaliknya, jika anak tidak berhasil, berikan kata-kata positif padanya agar anak tidak patah semangat dan kecewa.
Melatih Daya Ingat Anak
Kemampuan mengingat merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan anak. Seringkali daya ingat pada anak dijadikan tolak ukur kecerdasan, selain daya nalar dan kosentrasi. Sejak dilahirkan anak memiliki 100 miliyar dan satu triliun sel glia, jika jumlah sel tersebut dioptimalkan maka kemampuan daya ingat pada anak akan meningkat..
Kemampuan daya ingat pada anak dapat dioptimalkan dengan melakukan stimulasi-stimulasi yang tepat. Stimulasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi, bermain, bercerita dan berkomunikasi.
Daya ingat erat kaitannya dengan memori yaitu tempat informasi dikumpulkan. Informasi ini dapat diperoleh dari indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan, dan penciuman.
Untuk mempertahankan informasi didalam memori ada berbagai cara yang dapat dilakukan yaitu :
1. Pengulangan
Ulangi dan ulangi lagi sampai anak benar-benar menguasai. Inilah kunci yang paling utama dalam meningkatkan daya ingat pada anak. Anak yang setiap tidur kita nyanyikan lagu nina bobo pasti akan lebih mengingat lagu tersebut dibandingkan dengan anak yang hanya mendengarkannya sesekali saja. Sampaikan informasi yang ingin kita sampaikan berulangkali, karena ini akan tertanam didalam memorinya dalam jangka waktu yang panjang.
2. Pembiasaan
Seperti kata pepatah ” Alah bisa karena biasa”, ini juga merupakan hal yang penting dalam meningkatkan daya ingat pada anak. Jangan bosan mengajarkan pembiasaan pada anak. Misalnya, setiap diberikan sesuatu oleh orang lain ajarkan anak untuk mengucapkan terimakasih. Ingatkan selalu dengan menanyakan kembali kepadanya. Contohnya saat ada temannya yang memberikannya makanan, tanyakan padanya “Ayo adek….bilang apa sama temannya…?” Lakukan selalu dan ini akan terus melekat didalam ingatan anak hingga ia dewasa kelak.
3. Berikan pemahaman
Anak yang tidak paham akan apa yang didengarnya tentu saja akan sulit menerima informasi tersebut, apalagi untuk mengingatnya. Dengan menghafal saja informasi ini akan mudah hilang dari ingatannya. Jadi sebelum memberitahukan sesuatu kepada anak, pastikan anak paham akan apa yang diterimanya, karena jika tidak paham akan baginya untuk mengaplikasikan dan mengkaitkannya dengan informasi baru.
4. Berikan motivasi
Berikan motivasi dengan pujian dan dorongan yang positif untuk menambah kepercayaan diri pada anak bahwa ia mampu melakukannya. Berikan pujian setiap kali melakukan kegiatan menstimulasi daya ingat anak walaupun anak kurang berhasil melakukannya. Tunjukkan rasa sayang anda pada anak, sehingga ia akan selalu merasa optimis dan percaya diri.
5. Mencatat
Mungkin anda pernah mengalaminya, saat anak anda tiba-tiba lupa akan apa yang harus dibelinya ke warung ketika anda minta tolong dibelikan sesuatu. Ini terjadi karena kemampuan daya ingat jangka pendek pada manusia terbatas. Maka dari itu tidak ada salahnya memberikan catatan untuk lebih mempermudahnya dalam mengingat.
Dengan menstimulasi daya ingat pada anak, akan banyak manfaat yang dapat kita peroleh yaitu:
1. Dapat meningkatkan kosentrasi
Dengan mengingat anak harus memusatkan perhatiannya pada sesuatu objek yang ingin diingatnya. Semakin banyak ia mengingat maka akan semakin baik kosentrasinya.
2. Semakin diasah kemampuan mengingat, semakin besar memori yang disediakan otak untuk menyimpan informasi.
Anak terlatih untuk menyimpan informasi. Otak pun akan penuh dengan informasi sehingga suatu saat ia akan dapat memanggil kembali informasi-informasi yang tersimpan didalam memorinya.
3. Belajar pemahaman
Untuk mengingat anak memerlukan pemahaman akan apa yang diingatnya. Ini akan melatih pemahaman dan daya nalar pada anak.
4. Menumbuhkan kepercayaan diri
Dengan mampu mengingat akan menjadi suatu prestasi pada anak sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan pada dirinya.
5. Melatih kemampuan berbahasa
Dengan mengingat informasi yang didapatkannya secara tidak langsung anak akan mengenal berbagai kosakata baru yang dapat melatih anak dalam kemampuan berbahasanya
6. Untuk bekal di masa depannya kelak.
Anak yang mempunyai daya ingat tinggi serinkali mendapatkan predikat cerdas dan ini akan membantunya dalam mencapai dan menjalankan cita-citanya kelaknya.
Jenis permainan yang dapat menstimulasi daya ingat anak :
1. Ajak anak bernyanyi dan ajarkan berbagai lagu pada anak. Masukkan informasi dalam lagu yang kita ajarkan, misalnya dua mata saya, kepala pundak lutut kaki, dan lain sebagainya.

2. Ajak anak mendengarkan cerita. Dapat dilakukan dengan alat peraga seperti boneka. Dengan penyampaian yang menarik akan lebih mempermudah anak dalam menerima informasi.

3. Ajak anak bermain flash card. Berbagai flash card banyak tersedia saat ini. Tunjukkan flash card dengan informasi yang ada didalamnya dengan cepat dan lakukan setiap hari.

4. Ajak anak bermain lompat-lompatan sambil berhitung untuk melatih daya ingatnya.

5. Libatkan anak dalam pekerjaan. Misalnya ajak anak masak bersama, berikan beberapa macam sayur untuk dikerjakannya seakan-akan ia sedang membantu anda memasak. Kenalkan padanya berbagai nama dan jenis sayuran.

Lima Makanan Yang Meningkatkan Konsntrasi Dan Daya Ingat

1. Ikan Berminyak
Ikan berminyak seperti salmon, sarden dan makarel, memiliki asam lemak omega-3 esensial yang sangat penting dalam menjaga sistem saraf yang sehat. Mereka juga tinggi dalam Docosahexaenoic (DHA), penting karena menurut penelitian ada hubungan antara tingkat DHA yang rendah dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer dan kehilangan daya ingat.
2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber antioksidan vitamin E. Vitamin E berpotensi mengurangi turunnya kemampuan kognitif seiring pertambahan usia, dan juga mencegah daya ingat yang buruk. Biji labu pada umumnya sangat baik karena mereka tidak hanya memberikan dorongan bagi kekuatan otak, tetapi juga menyediakan dosis harian zinc yang dianjurkan.
3. Blueberry
Blueberry terkenal memiliki tingkat antioksidan yang tinggi dan kemampuannya mencegah kerusakan neuron otak, meningkatkan reseptor komunikasi antara sel-sel otak. Dengan kata lain, blueberry itu luar biasa untuk otak kamu! Blueberry juga mengandung Vitamin C yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan ketangkasan mental.
4. Brokoli
Brokoli merupakan sumber vitamin K yang akan meningkatkan fungsi dan kekuatan otak. Bahkan, manfaat brokoli jauh melebihi ini. Ayolah makan brokoli!
5. Biji-bijian Biji-bijian seperti gandum, quinoa dan pasta gandum meningkatkan sirkulasi dan mengatur kadar glukosa dalam darah serta meningkatkan daya konsentrasi kita. Oleh karena itu, sarapan yang lengkap dan bernutrisi, dan mengandung biji-bijian seperti itu sangat penting, karena dapat menjaga metabolisme, menstabilkan kadar gula sekaligus melindungi kita dari diabetes dan penyakit jantung.

0 Response to "Cara Menigkatkan Daya Ingat Anda, membaca-menambah-ilmu.blogspot.com"

Post a Comment